Kamis, 12 Maret 2015 |

Si Alay & Si Siap

“Si alay si siap”. Begitulah teman-teman menyebutnya. Keterkaitan nama dengan isi permainan tampaknya tak terlalu menjadi perhatian. Mungkin nama ini warisan generasi ke generasi, tanpa ada sedikitpun reformasi. Si alay si siap adalah permainan yang bermanfaat untuk mengasah wawasan tentang pengetahuan umum, khususnya yang berkaitan dengan nama. Permainan ini tidak bisa dilakukan sendirian, minimal kudu ada 2 orang pemain. Lebih banyak lebih seru. Sebelum memulai, para pemain terlebih dahulu harus menentukan satu tema yang dipilih. Entah itu nama binatang, negara, orang, dan lain sebagainya.

Diawali dengan membaca mantra bareng “si alay si… siap”, tiap pemain meletakkan tangannya ke lantai dengan jumlah jari sesuai kehendak perorangan. Bisa hanya satu jari sampai maksimal 10 jari. Seiring dengan perkembangan, boleh juga dengan menjulurkan kaki. Sehingga jumlah maksimalnya 20. Jumlah jari ini menentukan kendali permainan.

Setelah semua jari terkumpul, barulah si ketua permainan melafalkan abjad dari awal secara berurutan, sambil menyentuh satu per satu jari yang terkumpul. Jari terakhir adalah tempat berhentinya pelafalan abjad. Abjad yang tersebut terakhir menjadi pertanyaan yang harus dijawab oleh para pemain. Misal, abjad terakhir jatuh pada huruf J, sedangkan tema yang disepakati adalah nama negara. Maka si pemain harus adu cepat menjawab nama negara yang berawalan huruf J seperti Jepang. Nama negara yang telah tersebut, tidak boleh disebutkan oleh pemain lain. Begitu seterusnya meski pada putaran selanjutnya jatuh di huruf yang sama. Jika jumlah jari yang ada melebihi 26 (jumlah abjad), pelafalan huruf diputar dari awal. Sebagian kelompok bermain, menyapakati adanya sanksi bagi pemain yang tidak bisa menjawab. Kadang disuruh jongkok, wajahnya diolesin kapur, dan hukuman lainnya menurut mufakat sebelumnya. 

Inilah permainan masa kecilku. Cocok sekali buat orang alay yang ingin mengalihkan ke-alayannya. Cocok pula untuk belajar lebih mereflekskan sikap siap. Terima kasih kalian, Si Alay dan si Siap. Mari bermain!

"Si alay si... siap!" A, B, C, D, E. "Elton!" 8-)


Instagram